‘Mitos’ Air Putih
kesehatan Oktober 11th, 2009
Selama ini kita dianjurkan minum air putih setidaknya delapan gelas sehari. Ternyata penelitian yang dilakukan oleh para ahli ginjal di University of Pennsylvania, AS, tidak mendukung pendapat tersebut!
Dr. Stanley Goldfarb dan Dr. Dan Negoianu dari Divisi Renal, Elektrolit dan Hypertensi University of Pennsy-Ivania, Philadelphia, menganalisis berbagai sampel penelitian yang berkaitan dengan air putih. Riset tersebut menunjukkan, belum ada bukti langsung mengenai fungsi air putih untuk memperbaiki kulit, menurunkan berat badan maupun detoksifikasi.
Minum air putih dalam jumlah besar memang membuat tubuh lebih banyak mengeluarkan urin, tapi tidak demikian dengan racun tubuh. Menurut para peneliti ini, ginjal mengeluarkan racun secara independen tanpa bergantung pada jumlah asupan air putih. Begitu juga dengan efektivitas air putih untuk menurunkan berat badan. Belum ada data pasti, tuh, yang mendukung teori tersebut.
Yang jelas, Dr. Stanley dan Dr. Dan yang hasil penelitiannya dimuat dalam Journal of the American Society of Nephrology ini setuju kalau atlet atau seseorang yang sedang berada di cuaca panas perlu asupan air putih yang lebih banyak.

About